Site icon jurnalismeinvestigatif.com

Peresmian Tiga Jembatan Baru oleh Presiden Jokowi di Provinsi Banten

Peresmian Tiga Jembatan Baru oleh Presiden Jokowi di Provinsi Banten

Presiden Joko Widodo kembali meresmikan tiga jembatan pengganti jembatan callender hamilton, yakni Jembatan Cisadane A dan B Kota Tangerang, Jembatan Batu Ceper Kota Tangerang, serta Jembatan Tawing 1 Kabupaten Serang. | Foto : BPMI Setneg

JurnalismeInvestigatif – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menghadiri upacara peresmian tiga jembatan pengganti jembatan Callender Hamilton di Provinsi Banten.

Tiga jembatan tersebut adalah Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang, Jembatan Batu Ceper di Kota Tangerang, dan Jembatan Tawing 1 di Kabupaten Serang.

Ia menjelaskan bahwa Pulau Jawa memiliki 37 jembatan Callender Hamilton yang tersebar di beberapa provinsi, dengan Provinsi Banten memiliki 3 jembatan, Provinsi Jawa Barat 16 jembatan, Provinsi Jawa Tengah 9 jembatan, dan Provinsi Jawa Timur 9 jembatan. Menurut Presiden, usia layanan jembatan-jembatan tersebut sudah lebih dari 40 tahun.

Presiden Jokowi menekankan perlunya penggantian karena usia layanan yang sudah tua, dan jembatan-jembatan tersebut rentan runtuh jika terdapat beban logistik yang berat. Biaya konstruksi untuk tiga jembatan pengganti di Provinsi Banten mencapai Rp270,5 miliar.

Baca Juga : Analisis Tajam Performa Calon Presiden dalam Debat Pilpres 2024

Rincian biaya tersebut meliputi Jembatan Cisadane A dan B sebesar Rp106,7 miliar, Jembatan Batu Ceper Rp123,2 miliar, dan Jembatan Tawing 1 Rp40,6 miliar.

Presiden berharap penggantian jembatan-jembatan ini dapat memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat di Provinsi Banten dan sekitarnya. Salah satu manfaatnya adalah peningkatan aksesibilitas jalan antar-kabupaten dan antar-kota di Provinsi Banten.

Presiden juga menyebut bahwa penggantian ini akan meningkatkan mobilitas angkutan barang, angkutan orang, angkutan logistik, dan mengurangi biaya transportasi secara efisien.

Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, dan Pj. Wali Kota Tangerang Nurdin dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Mendorong Kolaborasi di KTT AIS Forum

sumber : Setkab.go.id

Exit mobile version