Site icon jurnalismeinvestigatif.com

9 Negara Terancam Bangkrut Layaknya Sri Langka

9 Negara Terancam Bangkrut Layaknya Sri Langka

Gambar ilustrasi bangkrut | Sumber gambar : republika.co.id

Jakarta – 9 Negara Terancam Bangkrut – Sri Lanka saat ini menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948. Tak hanya krisis ekonomi, krisis kemanusiaan juga tak terhindarkan.

Sekarang, sekolah-sekolah telah ditutup karena kekurangan bahan bakar untuk membawa anak-anak dan guru ke dalam kelas.

Beratnya krisis keuangan negara juga telah menghambat upayanya untuk mengatur Dana Moneter Internasional (IMF).

Tetapi Sri Lanka bukan satu-satunya negara yang mengalami masalah serius, karena perang di Ukraina telah menyebabkan harga makanan, bahan bakar, dan bahan pokok lainnya melonjak.

Lonceng alarm yang sama terdengar di banyak ekonomi di seluruh dunia, dari Laos dan Pakistan hingga Venezuela dan Guinea.

Sekitar 1,6 miliar orang di 94 negara menghadapi setidaknya satu aspek dari krisis pangan, energi, dan sistem keuangan mereka, menurut laporan Tim Tanggap Krisis Global Sekjen PBB.

Sekitar 1,2 miliar dari mereka tinggal di negara-negara dengan “badai sempurna” dan sangat rentan terhadap krisis biaya hidup ditambah krisis jangka panjang lainnya.

Baca Juga : Kenaikan Harga Pangan Dan Gejolak Politik

Alasan pasti kesengsaraan mereka bervariasi, tetapi risiko melonjaknya biaya makanan dan bahan bakar telah meningkat, didorong oleh pandemi Covid-19 dan perang terbaru Rusia di Ukraina.

Akibatnya, Bank Dunia memperkirakan bahwa pendapatan per kapita di negara-negara berkembang akan menjadi 5% di bawah tingkat pra-pandemi tahun ini.

Ketegangan ekonomi telah memicu protes di banyak negara, sementara pinjaman jangka pendek berbunga tinggi untuk mendanai program bantuan pandemi telah mengumpulkan lebih banyak utang di banyak negara.

Menurut PBB lebih dari separuh negara termiskin di dunia sekarang berada dalam kesulitan utang atau berisiko tinggi.

Bahkan beberapa krisis terburuk terjadi di negara-negara yang sudah hancur oleh korupsi, perang saudara, kudeta atau bencana lainnya.

Berikut 9 Negara Terancam Bangkrut dan krisis ekonomi, dikutip dari The Associated Press, Senin (11/7). :

Baca Juga : Pertumbuhan ekonomi pada 2023 dihantui ancaman stagflasi

1. Afghanistan

Afghanistan telah berada dalam krisis ekonomi yang mendalam sejak Taliban mengambil alih negara itu ketika Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya menarik diri tahun lalu. Bantuan asing yang selama ini menjadi andalan pun kini terhenti.

Pemerintahan Biden membekukan $7 miliar cadangan mata uang asing yang dipegang oleh Afghanistan di Amerika Serikat.

Sekitar setengah dari 39 juta penduduk negara itu menghadapi kerawanan pangan yang mengancam jiwa, dan sebagian besar pegawai negeri, termasuk dokter, perawat, dan guru, tidak dibayar selama berbulan-bulan.

Kesengsaraan di Afghanistan tidak berhenti di situ, dengan gempa bumi baru-baru ini yang menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Foto: Hamid Abdullah berdiri di luar ruangan tempat anak-anaknya bermain di sebuah pemukiman dekat Herat, Afghanistan (16/12/2021). (AP/Mstyslav Chernov) dikutip dari cnbcindonesia.com

2. Argentina

Sekitar empat dari 10 orang Argentina miskin dan cadangan devisa bank sentral mereka hampir habis karena mata uang terdepresiasi. Inflasi diperkirakan akan melebihi 70% tahun ini.

Jutaan orang Argentina selamat, sebagian besar berkat dapur umum dan program kesejahteraan negara. Banyak dari ini telah dicapai melalui gerakan politik dan sosial yang kuat yang terkait dengan partai yang berkuasa.

Kesepakatan baru-baru ini dengan Dana Moneter Internasional untuk merestrukturisasi utang $44 miliar juga telah dikritik karena menghambat pemulihan.

3. Mesir

Tingkat inflasi di Mesir melonjak hampir 15 persen pada April, mendorong hampir sepertiga dari 103 juta penduduknya jatuh ke dalam kemiskinan.

Mereka sudah menderita dari rencana reformasi ambisius yang mencakup langkah-langkah penghematan yang menyakitkan seperti mengambangkan mata uang nasional dan memotong subsidi untuk bahan bakar, air dan listrik.

Bank sentral telah menaikkan suku bunga untuk mengekang inflasi dan mendevaluasi mata uang, membuatnya lebih sulit untuk membayar utang luar negeri Mesir yang besar. Cadangan devisa bersih Mesir juga meningkat.

Tetangga Arab Saudi, Qatar dan Uni Emirat Arab telah menjanjikan $ 22 miliar dalam bentuk deposito dan bantuan investasi langsung.

4. Laos

Sebelum pandemi melanda, negara kecil yang terkurung daratan ialah Laos memiliki salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat. Namun, tingkat utangnya telah melonjak, seperti halnya Sri Lanka.

Ini menjadi masalah mendesak mengingat keuangan pemerintah negara yang lemah. Bank Dunia mengatakan cadangan devisanya setara dengan impor kurang dari dua bulan.

Menambah kesengsaraan, kip mata uang Laos telah kehilangan 30 persen nilainya. Kenaikan harga yang disebabkan oleh pandemi dan hilangnya pekerjaan dapat memperburuk kemiskinan.

Untuk melanjutkan membaca 9 Negara Terancam Bangkrut silahkan lanjut ke halaman selanjutnya

Jurnalismeinvestigatif.com

5. Lebanon

Lebanon hampir bernasib sama dengan Sri Lanka, termasuk mata uang yang ambruk, kekurangan uang tunai, inflasi yang anjlok, tingkat kelaparan yang meningkat, antrean bahan bakar, dan kelas menengah yang hancur.

Negara ini juga telah mengalami perang saudara yang berkepanjangan, sehingga pemulihannya terhambat oleh pemerintahan yang tidak berfungsi dan serangan teroris.

Proposal pajak pada akhir 2019 memicu kemarahan berkepanjangan terhadap kelas penguasa dan protes selama berbulan-bulan. Mata uang mulai terdepresiasi, dan Lebanon mengalami gagal bayar sekitar $90 miliar pada saat itu, atau 170 persen dari PDB, salah satu yang tertinggi di dunia.

Pada Juni 2021, ketika mata uang kehilangan hampir 90 persen nilainya, Bank Dunia mengatakan krisis itu menduduki peringkat sebagai salah satu yang terburuk di dunia dalam lebih dari 150 tahun.

Warga Sri Lanka kehabisan bahan bakar. (AP Photo/Eranga Jayawardena, File) dikutip dari cnbcindonesia.com

6. Myanmar

Pandemi dan ketidakstabilan politik telah memukul ekonomi Myanmar, terutama setelah tentara merebut kekuasaan dari pemerintah terpilih secara demokratis Aung San Suu Kyi pada Februari 2021.

Hal ini menyebabkan Barat menjatuhkan sanksi pada aset komersial yang dikendalikan oleh militer yang mengendalikan ekonomi. Ekonomi berkontraksi 18% tahun lalu dan diperkirakan hampir tidak tumbuh hingga 2022.

Lebih dari 700.000 orang telah melarikan diri atau diusir dari rumah mereka oleh konflik bersenjata dan kekerasan politik. Situasinya sangat tidak pasti sehingga pembaruan ekonomi global Bank Dunia baru-baru ini mengesampingkan perkiraan Myanmar untuk 2022-2024.

7. Pakistan

Seperti Sri Lanka, Pakistan telah melakukan pembicaraan darurat dengan Dana Moneter Internasional untuk menghidupkan kembali paket dana talangan senilai $6 miliar yang ditangguhkan setelah pemerintah Perdana Menteri Imran Khan digulingkan pada April.

Melonjaknya harga minyak mentah mendorong kenaikan harga bahan bakar, yang pada gilirannya mendorong biaya lain-lain, mendorong inflasi di atas 21%.

Seorang menteri pemerintah telah membuat marah banyak orang Pakistan dengan menyerukan pengurangan minum teh untuk memotong tagihan $600 juta untuk teh impor.

Mata uang Pakistan, rupee, telah kehilangan sekitar 30 persen terhadap dolar pada tahun lalu. Untuk memenangkan dukungan IMF, Perdana Menteri Shahbaz Sharif telah menaikkan harga bahan bakar, menghapus subsidi bahan bakar dan memberlakukan “pajak super” 10 persen baru pada industri-industri utama untuk membantu memperbaiki situasi keuangan negara yang lesu.

Pada akhir Maret, cadangan devisa Pakistan telah turun menjadi US$ 13,5 miliar, setara dengan hanya dua bulan impor.

8. Turki

Memburuknya keuangan pemerintah dan meningkatnya defisit neraca perdagangan dan masalah utang Turki yang tinggi dan meningkat. Inflasi juga melonjak di atas 70% dan pengangguran tetap tinggi.

Setelah lira jatuh ke rekor terendah terhadap euro dan dolar pada akhir 2021, bank sentral terpaksa memanfaatkan cadangan devisanya untuk menangkis krisis mata uang.

Pukulan dari pemotongan pajak dan subsidi bahan bakar untuk meredam inflasi telah melemahkan keuangan pemerintah. Rumah tangga berjuang untuk membeli makanan dan barang-barang lainnya, dan utang luar negeri Turki telah mencapai sekitar 54 persen dari PDB.

9. Zimbabwe

Inflasi di Zimbabwe telah melonjak di atas 130%, meningkatkan kekhawatiran bahwa negara itu dapat kembali ke hiperinflasi 500 miliar persen tahun 2008 dan menciptakan masalah bagi ekonominya yang sudah rapuh.

Zimbabwe sedang berjuang untuk menghasilkan arus masuk dolar yang cukup untuk ekonomi lokalnya, yang telah dilanda deindustrialisasi selama bertahun-tahun, korupsi, investasi rendah, ekspor rendah, dan utang tinggi.

Inflasi telah membuat orang Zimbabwe tidak mempercayai mata uang, meningkatkan permintaan dolar. Banyak penduduk terpaksa makan lebih sedikit karena mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan lain.

Krisis Zimbabwe (Reuters/Philimon Bulawayo) dikutip dari snbcindonesia.com

Dari 9 Negara Terancam Bangkrut menjadi cerimanan diri kita untuk selalu medukung upaya serta mengawasi setiap kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah agar Indonesia tidak terjurumus kedalam kebangkrutan.

 

Baca Juga : 10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terburuk di Dunia, Apa Indonesia Termasuk?

Sumber : humasri.com, cnbcindonesia | Editor : Dian

Exit mobile version