Site icon jurnalismeinvestigatif.com

Cegah Bentrok di Kembangan dan Ciledug Merembet, Polisi Kumpulkan Empat Ormas di Jagakarsa

JAGAKARSA – Kapolsek Jagakarsa Kompol Endang Sukmawijaya mengumpulkan empat pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang ada di wilayahnya pada Sabtu (20/11/2021) malam.

Keempat ormas itu adalah Pemuda Pancasila (PP), Forum Betawi Rempug (FBR), Pemuda Batak Bersatu (PBB), dan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi).

Kompol Endang mengatakan, pertemuan itu bertujuan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), termasuk gesekan antarormas, pasca-bentrok dua ormas di Kembangan, Jakarta Barat dan Ciledug, Kota Tangerang.

“Kami mengingatkan rekan-rekan ormas di Jagakarsa untuk guyub rukun, kompak, saling toleransi,” kata Endang dalam keterangannya, Minggu (21/11/2021).

Kompol Endang berharap para pimpinan ormas di Jagakarsa bisa mengingatkan anggotanya untuk meredam emosi.

“Jangan ikut memprovokasi rekan-rekan yang lain supaya wilayah hukum Polsek Jagakarsa tetap kondusif,” kata Kompol Endang kepada pimpinan empat ormas di Jagakarsa.

Selain itu, ia menyebut pertemuan tersebut juga bertujuan mempermudah komunikasi dengan ormas sehingga meminimalisir terjadinya gesekan.

“Juga antisipasi supaya kejadian tidak terulang lagi seperti di wilayah Joglo dan Ciledug, Tangerang,” tutur Endang.

Diberitakan, gesekan ormas FBR dan PP di wilayah Jakarta Barat merembet hingga ke Kota Tangerang dalam sepekan terakhir.

Diawali adanya seorang anggota ormas FBR berinisial DA (27) yang tewas diduga dikeroyok 10 orang di Jalan TPU Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, tidak jauh dari posko FBR Joglo, pada Minggu (14/11/2021) malam.

Kejadian itu diduga memicu bentrokan antar-anggota ormas FBR dan PP di Jalan Raden Fatah sekitar Pasar Lembang, Ciledug, Kota Tangerang pada Jumat (19/11/2021) sore hingga malam.

Bentrok itu mengakibatkan tiga orang mengalami luka akibat senjata tajam.

Titik bentrok berada di dekat Pasar Lembang yang sudah tiga kali jadi “arena tempur” antara anggota PP dan FBR dalam waktu yang berdekatan.

Baca juga: Ternyata Kedua Ormas Sempat Damai Sebelum Posko di Kembangan Diserang Tewaskan 1 Orang

Sumber : Tribunnews

Exit mobile version