Site icon jurnalismeinvestigatif.com

Kapolri Minta Jajaran Siapkan Antisipasi Bencana Alam

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh jajarannya untuk menyiapkan langkah-langkah mitigasi dan antisipasi penanganan bencana alam seperti, banjir, tanah longsor dan gempa bumi, yang berpotensi terjadi di seluruh Indonesia.

Dalam pengarahan Vicon ke jajaran, Sigit menekankan, kesiapan antisipasi harus dipersiapkan dari sekarang. Jajaran kepolisian di setiap wilayah harus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan pihak terkait lainnya.

“Koordinasikan dari awal dengan Pemda, dan BNPB daerah untuk mempersiapkan kalau terjadi potensi bencana. Dimana harus evakuasi, dimana bangun tenda pengungsian, dan bagaimana kemudian distribusi bantuan terhadap masyarakat-masyarakat yang terdampak. Tolong ini dipersiapkan dari sekarang,” kata Sigit melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (20/10/2021).

Selain itu, Sigit juga meminta kepada jajarannya di daerah melakukan komunikasi dan koordinasi intens dengan Mabes Polri dan seluruh stakeholder. Tak hanya itu, Sigit menyatakan, personel Polri juga harus melakukan sinergitas bersama dengan TNI dalam melakukan antisipasi bencana alam.

Mengingat, kata Sigit, dalam melakukan antisipasi bencana alam, diperlukan sejumlah hal. Seperti pengerahan personel, distribusi bantuan, serta menyiapkan layanan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak.

“Koordinasikan hal-hal yang perlu disampaikan ke Mabes Polri, sehingga ada bantuan back up secara dini dari Brimob, Slog kemudian pak Kapusdokkes tentunya kegiatan tersebut perlu ada layanan kesehatan. Tolong dicek sehingga pada saat terjadi kita sudah siap,” ujar eks Kapolda Banten itu.

Lebih dalam, Sigit meminta kepada Sops Polri untuk segera membentuk Satgas Siaga Darurat bersama dengan Stakeholder lainnya, dengan diikuti oleh jajaran untuk menyiapkan rencana kontijensi penanganan bencana alam.

“Lakukan refreshment berupa pelatihan pemantapan anggota dalam penanggulangan bencana alam seperti SAR darat, laut pendampingan psikologi, DVI dan lainnya,” tutup Sigit.

SUmber: okezone.com

Exit mobile version