Site icon jurnalismeinvestigatif.com

Sukanto Tanoto Akuisisi Hotel Mewah di Shanghai dari Grup Dalian Wanda

Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto

Jurnalismeinvestigatif – Grup Dalian Wanda, pengembang properti ternama, baru-baru ini menjual hotel mewahnya di tepi laut Bund, Shanghai, kepada pengusaha Indonesia terkaya, Sukanto Tanoto.

Pacific Eagle Real Estate, perusahaan investasi properti yang dimiliki oleh Sukanto Tanoto, mengakuisisi Shanghai Wanda Reign di Bund Hotel pada Desember 2023.

Meskipun harga akuisisi tidak diungkapkan secara resmi, sumber menyebutkan bahwa transaksi ini mencapai sekitar 1,44 miliar-1,66 miliar RMB, setara dengan USD 204 juta-USD 234 juta.

Hotel mewah ini sebelumnya dibeli oleh Wanda pada tahun 2011 dengan harga 1,7 miliar RMB. Dengan investasi total sekitar 3,4 miliar RMB, Wanda menjadikan properti ini sebagai hotel termahal yang pernah dibangun di China.

Baca Juga : Kabar Baru Tiktok Shop Dibuka Lagi: Ini Kebijakan Barunya

Hotel Grup Dalian Wanda

Dibuka pada Juni 2026, hotel ini memiliki 193 kamar dengan luas 36.000 meter persegi, menawarkan kemewahan dengan dekorasi yang luar biasa dan berbagai fasilitas, termasuk pelayan pribadi, layanan mobil Rolls Royce, dan ruangan KTV.

Pacific Eagle, bagian dari Royal Golden Eagle (RGE) milik Sukanto Tanoto, juga memiliki sejumlah aset di Singapura, termasuk Tanglin Shopping Centre senilai 868 juta dolar Singapura dan hotel Mondrian Duxton.

Berdasarkan data Forbes, kekayaan Sukanto Tanoto pada Januari 2024 mencapai USD 3,2 miliar, menjadikannya orang terkaya ke-995 di dunia dan peringkat ke-12 di Indonesia.

Grup RGE yang didirikan pada 1973 telah berkembang menjadi konglomerat multi-nasional dengan keberadaan di beberapa negara, fokus pada sektor kertas, minyak sawit, serta minyak dan gas.

Baca Juga : Menakar Harapan dan Tantangan UU Cipta Kerja di Panggung Pemilu 2024

Exit mobile version