Site icon jurnalismeinvestigatif.com

Ini Dia Profesi Masa Depan yang Menjanjikan

Ini Dia Profesi Masa Depan yang Menjanjikan

Gambar Ilustarasi : Profesi Masa Depan yang Menjanjikan

Jurnalismeinvestigatif – Setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi, tentu para lulusannya ingin segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan passion.

Namun apa boleh buat, akhir-akhir ini karena derasnya arus digitalisasi di segala bidang, menyebabkan hilangnya sejumlah pekerjaan karena disubstitusi oleh teknologi.

Namun pada saat yang sama, pekerjaan dan profesi baru yang belum pernah ada sebelumnya, justru berkembang dan sangat menjanjikan baik dalam hal karir, jenis pekerjaan maupun kompensasinya.

WEF (World Economic Forum) menyampaikan laporannya bahwa ada beberapa jenis profesi yang paling dibutuhkan mulai saat ini hingga beberapa tahun ke depan.

Pernyataan tersebut berdasarkan data dari media sosial LinkedIn. Mulai tahun 2022 peluang pekerjaan pada bidang konten, marketing, dan sales diprediksi akan tumbuh pesat.

Baca Juga : Urgensi Pendidikan Seks Pada Remaja dan Anak

Beberapa profesi terkait bidang tersebut misalnya adalah spesialis konten dan spesialis digital marketing.

Pada publikasi WEF tersebut juga diidentifikasi kompetensi yang diperlukan untuk menjadi bagian dalam profesi impian tersebut. Paduan antara skill dasar teknologi, media sosial, serta leadership akan banyak diburu oleh perusahaan.

Di era computer, media sosial dan internet sebagaimana saat ini, ada beberapa kompetensi yang semakin dipandang penting. Kompetensi dimaksud adalah analisa data, copywriting, serta digital dan content marketing.

Selain profesi yang berkaitan dengan teknologi, ada juga pekerjaan yang akan selalu dibutuhkan kapan dan dimanapun. Profesi dimaksud adalah tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, dan sejenisnya.

Baca Juga : Ribuan Perangkat Desa PPDI Demo di DPR, Suarakan 3 Tuntutan

Dari WEF dan berbagai sumber juga penulis merangkum prediksi pada tahun 2025 mendatang setidaknya ada lebih dari 85 juta jenis pekerjaan yang akan diambil oleh mesin atau diotomatisasi dengan teknologi.

Namun pada saat yang sama, ada 97 juta lowongan perkerjaan yang akan muncul dan sangat diperlukan yang belum pernah ada sebelumnya. Kabar baiknya, meski lowongan sebagian pekerjaan hilang, tetap ada peluang pekerjaan yang menantang di masa depan.

Ada 6 profesi yang masa depan yang menjajikan antara lain:

  1. Data Scientist.
  2. AI & Machine Learning Specialist.
  3. Robotics Engineer.
  4. Software & Application Developer.
  5. Digital Transformations Specialist.
  6. Internet of Things (IOT) Specialist.

Baca Juga :  Gaji 5 juta kena pajak berapa? Ini Penjelasanya

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari jurnalismeinvestigatif.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainya.

 

Exit mobile version