Site icon jurnalismeinvestigatif.com

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terburuk di Dunia, Apa Indonesia Termasuk?

Negara dengan Sistem Pendidikan Terburuk di Dunia, Apa Indonesia Termasuk

Gambar Ilustrasi | Sumber : sinar harapan

Jakarta – Kualitas sistem pendidikan terbaik di setiap negara seringkali dikaitkan dengan status ekonomi. Negara maju dan berkembang, menyediakan sistem pendidikan dengan kualitas terbaik. Sementara itu, sebaliknya terjadi pada negara-negara dengan status ekonomi rendah.

Ribuan orang di 78 negara disurvei untuk menentukan peringkat negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik, menurut laporan tahun 2021 dan 2022 oleh US News & World Report, BAV Group dan Wharton School of the University of Pennsylvania.

Tingkat Pendidikan Yang Diselesaikan

Mengutip laman dari World Population Review, sebagian besar temuan dan peringkat dunia tentang pendidikan berhubungan dengan tingkat melek huruf orang dewasa dan tingkat pendidikan yang diselesaikan.

Salah satu studi pendidikan yang paling banyak diulas di dunia melibatkan 470.000 siswa berusia 15 tahun. Setiap siswa mengambil tes matematika, sains, dan membaca yang serupa dengan SAT atau ACT (tes standar yang digunakan untuk penerimaan perguruan tinggi di Amerika Serikat).

Skor tes ini kemudian dikumpulkan untuk menentukan skor rata-rata untuk masing-masing dari tiga mata pelajaran untuk setiap negara.

Menurut penelitian tersebut, China mendapat skor tertinggi, diikuti oleh Korea Selatan, Finlandia, Hong Kong, Singapura, Kanada, Selandia Baru, Jepang, Australia, dan Belanda.

Di sisi lain, sistem pendidikan di banyak negara dianggap tidak memadai. Sebagian besar negara-negara tersebut berasal dari kawasan Afrika dan satu lagi dari kawasan Asia.

Baca Juga : 3 Negara dengan Pendidikan PAUD Terbaik, Mana Saja?

10 Negara memiliki Sistem Pendidikan Terburuk di Dunia:

Menurut United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization’s 2021 Education for All Global Monitoring Report, negara-negara di dunia dengan pendidikan terburuk diberi peringkat berdasarkan tingkat melek huruf orang dewasa yang rendah.

1. Nigeria (28.7%)

2. Burkina Faso (28.7%)

3. Mali (31.1%)

4. Central African Republic (56%)

5. Ethiopia (39%)

6. Eritrea (67.8%)

7. Guinea (41%)

8. Pakistan (54.9%)

9. Gambia (50%)

10. Angola (70%)

Nah, itulah daftar 10 negara dengan sistem pendidikan terburuk di dunia.

Baca Juga : Biaya Pendidikan Naik Terus, Berikut Tips Perencanaanya

Exit mobile version