Site icon jurnalismeinvestigatif.com

Bebersih Sungai di Klaten, Relawan ‘Pancing’ Spring Bed-Kayu

Klaten

Tim gabungan relawan, TNI, Polri dan Balai Besar Sungai Wilayah Bengawan Solo dibikin kaget saat membersihkan sampah di aliran Sungai Kuning Desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Klaten. Saat bersih-bersih, ada spring bed hingga kayu glondongan yang menyumbat aliran sungai.

“Tadi siang kami menemukan spring bed ukuran sangat besar yang menghambat aliran sungai. Tentunya juga plastik, botol, kardus, pokoknya komplit seperti super market,” kata aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah pada detikcom, Jumat (5/3/2021).

Arif mengatakan spring bed hingga kayu gelondongan itu ditemukan di Sungai Kuning yang letaknya berbatasan dengan Desa Ngemplak dan Kalikotes. Sebelumnya, warga melaporkan ada sumbatan di aliran sungai tersebut.

“Setelah kami cek ada tiga rumpun bambu besar membendung sungai. Kita lakukan sudah dua hari dari relawan, TNI, Polri, BBSWBS dan lainnya,” lanjut Arif.

Arif mengatakan untuk membersihkan sungai tersebut ada sekitar 100 personel gabungan yang dikerahkan. Peralatan yang digunakan yakni 9 unit gergaji mesin.

“Kita gunakan sembilan chainsaw (gergaji mesin) untuk pembersihan. Repotnya ada juga kayu-kayu besar ikut terbawa arus karena sebelumnya hujan angin dan banyak pohon roboh,” jelas Arif.

Arif mengatakan Sungai Kuning berhulu di wilayah Kota Klaten. Dia menyebut problem utama kota adalah sampah.

“Problemnya utama kota adalah sampah tapi respons cepat teman teman juga luar biasa. Secara umum sudah terkondisikan meskipun medannya agak berat,” kata Arif.

Arif menyebut lokasi pembersihan sungai ini berada di bawah tebing. Hujan ekstrem beberapa waktu lalu membawa material sampah.

“Hujan yang ekstrem tidak hanya membawa sampah tapi juga kayu-kayu batangan dari pohon tumbang. Respon cepat kawan-kawan akhirnya selesai dan tidak ada banjir,” terang dia.

Foto tim relawan saat kegiatan bersih-bersih ini pun diunggah ke akun Twitter dan mendapat respons oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar memberikan apresiasinya saat melihat foto tim relawan menjaring spring bed dan kayu.

Relawan2 sekolah sungai Klaten. Tangguh! Di kab/kotamu ada relawan spt ini?,” tulis Ganjar di akun Twitternya sembari me-retweet postingan foto tim relawan.

(ams/sip)

Exit mobile version